Selasa, 29 Juni 2010

Antara Sala, Solo, Surakarta, Kartasura, Salakarta, dan Salatiga

Posted by Lambayun Arya Wisanggeni On 05.37 3 comments

sebenarnya artikel ini terinspirasi oleh teman saya yang bingung perbedaan antara Solo, Surakarta, dan Kartasura. Tidak hanya bingung, bahkan teman saya lainnya yang tinggal di Bandung tidak tahu kalo ada kota di Indonesia yang bernama Surakarta. Saat saya mengatakan bahwa saya berasal dari Surakarta, dengan lugunya dia bertanya "Surakarta itu di mana ya?" Setelah saya menerangkan bahwa Solo adalah nama lain Surakarta maka dia dengan energik dan cengar-cengir menjawab "Kalo Solo saya tahu, pernah ke sana juga" What! pernah ke Solo tapi tidak tahu Surakarta? :nohope:

Masalahnya, kadang ada yang lebih parah daripada dua contoh di atas. Seseorang pernah bertanya dengan pedenya, "Mas, surakarta itu di sebelah mananya Solo ya?" hahaha, duh harus menahan tawa untuk menjelaskan kalo dia sudah berada di Surakarta.

So, karena itulah saya mencoba untuk memberi penjelasan mengenai kota saya tercinta ini. Nama-nama seperti Sala, Solo, Surakarta, Kartasura, Salakarta, dan Salatiga merupakan nama umum yang sering membuat orang merasa bingung.

hehehe, semoga kalo ada yang ingin ke kota bengawan nan tenang ini tidak pada bingung. :D dan semoga anda tidak tambah bingung setelah membaca tulisan ini.


a. SALA

cara baca : huruf a pada kata "Sala" dilafalkan seperti huruf "o" pada kata "lontong"

Sala adalah nama asli kota Solo. Sala sendiri berasal dari nama desa dengan cakupan daerah cukup luas pada abad XVII. Pada desa inilah kraton kasunanan surakarta didirikan setelah kraton kartasura hancur karena geger pacinan.

Sala adalah nama lain untuk kota Solo dari awal berdirinya kraton. Saat-saat sekarang ini, anda akan lebih sering mendengar kata Sala dari pembicaraan orang-orang sepuh dan orang-orang dalam lingkungan Kraton. Anak muda kota ini sendiri lebih suka menyebut kampung halamannya Solo.

Contohnya ketika anda mendengar lagi stasiun balapan, maka anda akan mendengar Didi Kempot menyebut kota ini dengan nama Sala, bukan Solo.

b. SOLO

Solo merupakan bentuk diferensiasi dari kata Sala. Seiring belanda yang salah melafalkan Sala, maka Solo semakin sering digunakan. Dan kata Solo pun menjadi semakin dan sangat populer ketika Eyang Gesang menciptakan lagu keroncong yang berjudul "Bengawan Solo", lagu yang karena terlampau terkenalnya sampai-sampai diterjemahkan ke dalam 7 bahasa.

Sekarang orang-orang luar kota Solo baik dalam maupun luar negeri lebih familiar dengan kata Solo. Event-event pariwisata dan budaya pun menggunakan nama Solo, seperti SIEM (Solo International Ethnic Music), SIPA (Solo International Performing Art), SBC (Solo Batik Carnival), Solo Menari, dan lain sebagainya. Project and development pun semakin memperkukuh nama ini, seperti Solo Paragon dan Solo Center Point. Dan kota ini semakin mantab menggunakan solo dengan jargonnya yang sangat terkenal : Solo, the spirit of java dan Solo, the capital of batik.

c. Surakarta

Nama resmi dan administratif kota Solo. semua instansi pemerintahan, sekolah, dan gedung pelayanan masyarakat menggunakan nama Surakarta. kata Sala dan Solo sendiri hanya merupakan nama lain dari Surakarta, dan bukan nama resmi. sekali lagi ah, bukan nama resmi.

kata Surakarta sendiri berasal dari kerajaan "Surakarta Hadiningrat". Menurut kisah, sunan PB II memberi nama kerajaan barunya Surakarta Hadiningrat, setelah kerajaan Kartasura hancur.

yang jelas, Surakarta adalah nama resmi dari kota ini. :D

d. Kartasura

Jika anda bisa membedakan antara Kyoto dan Tokyo, maka begitu pula perbedaan itu dengan Kartasura dan Surakarta. seperti yang saya tulis sebelumnya, kartasura merupakan nama kerajaan sebelum surakarta. Kartasura sendiri terletak di sebelah barat surakarta.

sekarang ini, Kartasura merupakan nama sebuah kecamatan di sebelah barat kota solo yang termasuk wilayah administratif kabupaten sukoharjo. Kartasura merupakan wilayah penunjang kota solo atau surakarta. Jika anda bepergian ke kota solo dari semarang ataupun jogjakarta menggunakan mobil, maka anda akan melewati kartasura sebelum sampai di surakarta.

e. Salakarta

nama Salakarta sudah tidak dipakai saat ini. Sebenarnya ini adalah ungkapan lain bagi kota surakarta dan sala. sekarang ini, hampir tidak ada yang menggunakan istilah ini.

f. Salatiga

dibanding dengan kelima istilah di atas, Salatiga sama sekali tidak ada hubungannya dengan kota Solo. Salatiga merupakan kota kecil di sebelah tenggara semarang. kata Salatiga sendiri berasal dari kata "Salah Tiga", suatu cerita rakyat yang berkembang di daerah setempat.


demikianlah penjelasan dari saya, semoga anda tidak bertambah bingung dengan apa yang saya tuliskan.


lambayun

3 komentar:

Kartasura merupakan nama sebuah kecamatan di sebelah barat kota solo yang termasuk wilayah administratif kabupaten sukoharjo. Kartasura merupakan wilayah penunjang kota solo atau surakarta.
dari kalimat diatas kok ada kartasura penunjang kota solo dan surakarta, katanya solo sama surakarta sama....,

Surakarta merupakan nama kerajaan islam di Solo yang diambil namanya dari nama kerajaan terdahulu yaitu Kartosuro.
pada masa itu, dipercaya bahwa kerajaan yang sudah luluh lantak (red: Kerajaan Mataram Kartosuro) pusat kerajaannya harus berpindah ke tempat yang baru. Sehingga disetujui desa Sala sebagai pusat pemerintahan baru, dibangunlah keraton baru disitu.
kemudian nama Kartosuro tetap dihormati, tp tidak dipakai lagi, sehingga untuk menghormati nama lama, dibaliklah ejaannya. Sampai akhirnya Kerajaan baru bernama Surakarto Hadiningrat resmi berdiri.

Salatiga, pada awalnya, memang merupakan wilayah Kasunanan berdasar Palihan Nagari (Giyanti) maupun Perjanjian Salatiga. Salatiga merupakan salah satu kabupaten di bawah Kasunanan (selain Boyolali, Klaten, Sukowati, dan Kota Surakarta). Di kemudian hari, Salatiga diserahkan ke Belanda dan akhirnya kabupaten ini dihapus pada akhir abad ke-19 dan digabungkan dengan Kabupaten Semarang. Kemudian bekas ibukotanya dijadikan gemeente (kotapraja) dan akhirnya menjadi Kota Salatiga seperti sekarang.

Poskan Komentar